Pages

Monday, August 5, 2013

Asal mula band slipknot

Pada tahun 1995 Shawn Crahan, Paul Gray, Kun Nong, Donnie Steele dan Anders Colsefini, 5 orang yang dikenal sebagai musisi dariDes Moines, Iowa, memutuskan untuk memulai sebuah band baru. Tapi band ini tidak akan menjadi band umum. Mereka ingin band inimenjadi band yang lain daripada yang lain! Slipknot pada awalnya memiliki Anders Colsefini sebagai vocalist, Shawn Crahan sebagai drumer, Paul Gray pembetot bass, Kun Nong dan Donnie Steele sebagi pemain gitar. Mempunyai keinginan untuk menjadi sempurna, mereka mencoba untuk merekrut musisi terbaik Des Moines untuk menyelesaikan band. 



Salah satu musisi, Shawn, memutuskan untuk mencoba sesuatu yang baru, sesuatu yang asli dengan band yaitu Topeng. “Kami memutuskan untuk memakai topeng sehingga orang hanya akan berkonsentrasi pada musik kami, bukan pada apa yang mereka lihat.”, katanya. Selain itu, bukan hanya bermain dengan satu set drum, band memutuskan untuk menambah dua set perkusi untuk membuat mereka sebagaimusik agresif. Nong kun, sang pemain gitar, meninggalkan band ini di bulan Februari. Shawn,yang merasa bosan, memutuskan untuk mencoba memainkan perkusi agar dia bias tampil di depan panggung, dan meninggalkan posisi drumer kepada teman dari Paul Gray,yaitu Joey Jordison. Pada awalnya Joey merasa ragu-ragu, namun akhirnya Joey bergabung dengan band ini pada bulan Mei. Band kemudian direkrut Josh Brainard sebagai gitaris kedua. Dia sudah beberapa kali bermain dengan mereka dan langsung menerima tawaran itu. 


Mereka bersama-sama melakukan pertunjukan beberapa kali di bawah nama “Meld”, “The Pale Ones”, “PyGSYSTEM” … Mereka akhirnya memilih nama yang sempurna untuk proyek mereka, mengambil nama dari salah satu lagu mereka, “Slipknot” (perpaduan yang kemudian melahirkan lagu yang luar biasa “(sic)”). Pada bulan Desember, band tiba di studio dari SR Audio, di mana mereka bekerja untuk enam bulan berikutnya. Dengan hasil akhir dari semua upaya mereka yaitu EP mereka, “Mate. Feed. Kill. Repeat.” 


Slipknot kemudian memutuskan untuk mencoba menampilkan CD live pertamanya dan mengikuti kompetisi band yang bernama “Battle Of Bands,” di mana semua band-band papan atas band dari Des Moines ikut berperan serta. Pada saat itu,mereka bertemu band dari Des Moines yang bernama “Stone Sour,” yang mempunyai Frontman seorang pemuda yang enerjik dan menarik yaitu Corey Taylor. Slipknot kemudian melibas habis band-band tersebut dan berhasil memenangkan juara-1 pada kompetisi “Battle Of Bands”. 
Pada tahun 1996 Donnie Steele memutuskan untuk meninggalkan band ini karena dia tidak sejalan dengan Slipknot yang menganut trash metal-oriented music. Kemudian seorang teman dari Joey’s, Craig Jones, mengambil alih tempatnya. Pada bulan April, Craig,yangbenar-benar freak komputer, memilih untuk bekerja pada samples,ketika Mick Thompson, seorang instruktur gitar,menjadi guitaristpada band itu. Band menjadi semakin kuat dan terkenal setiap harinya.Shawn,Joey dan anggota band yang lain selalu menghabiskan malam mereka untuk berbicara tentang proyek di garasi dimana Joey bekerja. Mereka kemudian memutuskan untuk menyewa seorang manajer, hingga akhirnya mereka merekrut seorang jurnalis muda, Sophia Jones, seseorang yang mendukung mereka dari awal. Ketika orang itu ditanya mengapa ia memutuskan untuk menjadi seorang manajer dari band gila, dia menjawab: “Karena jika Anda bertanya kepada saya, Slipknot akan bermain di Ozzfest, akan menjual lebih dari satu juta album dan menjadi cover depan dari Majalah Rolling Stone! ! “. “Mate. Feed. Kill. Repeat.” Langsung menjadi sebuah kesuksesan besar di Des Moines. 


Pada tahun 1997 ketika Slipknot melakukan pertunjukan di Dodfest, suatu festival, seorang pemuda bernama DJ Sid Wilson, alias DJStarscream, melihat mereka dan sangat menyukai musik mereka. Sayangnya, kualitas sound system yang hari itu begitu buruk lalu terjadi perselisihan antara Joey dan Shawn karena buruknya sound selama pertunjukan hingga akhirnya Joey memutuskan untuk meninggalkan band. Namun, ia kembali ke band tersebut sebulan kemudian. Lalu Slipknot dan Stone Sour bertemu lagi di Runway, sebuah klub yang dimiliki oleh Shawn. Slipknot terhipnotis oleh suara Corey dan kemudian memintanya untuk bergabung dengan band ini. Diaditerima. Dan akhirnya Corey pun bergabung dengan Slipknot. Ia pun membuat sebuah kerangka lagu yang nantinya akan menjadi sebuah hits “ME INSIDE”. 


Band kemudian kembali memasuki SR Audio studio untuk merekam sebuah versi baru “Mate. Feed. Kill. Repeat.” . Corey’s pun ikut di dalam band Namun, menyebabkan beberapa masalah. Anders, tidak menerima kenyataan bahwa ia telah “tertinggal”, ia lalu mengumumkan kepada penggemar untuk meninggalkan band ini di akhir konser. Akhirnya Band ini mulai merekrut anggota-anggota baru. Diantaranya Greg “Cuddles” Welts, seseorang yang tidak akan pernah ragu untuk melakukan sesuatu yang bodoh diatas panggung. Sid akhirnya juga bergabung dengan band yang luar biasa ini setelah kebetulan, ia berada di salah satu moshpit konser mereka dan ketika itu Shawn turun ke dalam moshpit untuk berperang dengan yang lainnya. Dan akhirnya Shawn yang terluka akibatitu dibawa oleh Sid kerumah sakit. Hingga akhirnya Sid yang meminta untuk bergabung karena ia merasa cukup gila untuk bergabungdidalam petualangan band tersebut diterima oleh Shawn 
Pada tahun 1998 Sophia Jones, manajer, melakukan contact kepada Ross Robinson untuk mengenalkan bandnya, sebenarnya Ross benar-benar tidak tertarik untuk mendengarkan mereka, tetapi akhirnya ia melakukan perjalanan ke Iowa untuk mendengar latihan mereka. Selama sesi berlangsung, semua orang berada dibawah tekanan dan semuanya banyak melakukan kesalahan. Joey bahkan melakukan kesalahan yang sangat fatal,karena secara tidak sengaja melemparkan salah satu drumsticknya ke wajah Ross! Tapi keajaiban terjadi,Ross Robinson benar-benar menghargai apa yang ia dengar dan memutuskan untuk memberikan kesempatan. Ia pergi ke salah satu dari konser mereka di Runways dan totally Hypnotized by the show!!! Dia segera meminta band untuk merekam CD untuk mereka! Tetapi 6 bulan kemudian, Slipknot masih belum memberikan kabar, sehingga Ross segera menghubungi Joey melalui panggilan telepon dan 48 jam kemudian, Slipknot berada di studio Roadrunner untuk merekam album pertama mereka! Pada bulan Juni, Cuddles dikeluarkan dari band untuk beberapa alasan yang tidak diberitahu. Dia diganti oleh Chris Fehn, yang menjadi percussionist yang terkenal dengan topengPinokio nya. Selama rekaman, band menemui banyak seniman lainnya seperti Kiss, Robert Flynn dari Machine Head dan Casey Chaos dari Amen. Josh mengundurkan diri dari band sebelum akhir rekaman, lalu posisinya kemudian digantikan oleh James Root, seorang pemain gitar yang berusaha mati-matian untuk membuatnya keluar dengan band sebelumnya, Atomic Opera. Ini adalah formasi terakhir dari band: 


# 8 / Vokal – Corey Taylor 
# 7 / 1 Guitar – Mick Thompson 
# 6 / Percussions – Shawn Crahan 
# 5 / Samples – Craig Jones 
# 4 / 2 Guitar – James Root 
# 3 / Percussions – Chris Fehn 
# 2 / Bass – Paul Gray 
# 1 / Drums – Joey Jordison 
# 0 / DJ – Sid Wilson 


Pada tahun 1999 Sophia Jones menggunakan lagi relasinya untuk membuat Slipknot tampil pada Ozzfest. Sebuah festival yang sudah menunjukkan hasil yang sukses. Pada 29 Mei, setelah beberapa debut yang menggemparkan walau masih malu-malu, “Slipknot” akhirnya mencapai puncak Dunia dengan lebih dari 2 juta copy terjual dalam waktu satu tahun. Video pertama mereka, “Welcome to our neighbourhood” juga berdiri diatas puncak dan membabat habis DVD lainnya, bahkan oleh Madonna dan Shania Twain sekalipun. Album Tour mereka pun juga meraih sukses, band ini membuat pertunjukan yang paling gila dari yang pernah ditampilkan, seperti drum yang ditambah diberi peluncur api, stage 3 meter hanya untuk melakukan aksi diving DJ Sid, dan banyak Pentagram dilukis pada dinding di bagian belakang pemandangan . 


Ketika tahun 2000 Slipknot banyak berpartisipasi pada festival lainnya seperti “Rock Am Ring” dan “Dynamo Open Air”, di mana mereka diterima di publik yang sangat besar, Pada akhir tahun, Slipknot masuk lagi ke studio untuk ke-2 kalinya. Untuk kembali memproduksi album mereka, yang sekali lagi dibantu oleh Ross Robinson. 


Pada tahun 2001 adalah tahun tergila yang pernah ada, 9 setan bertopeng kembali lagi di Ozzfest. Sekaligus merilis album kedua mereka: “Iowa”. Hal ini tentu menjadi salah satu album terbaik yang anda pernah dengar dari mereka. Dengan “Iowa”, band ini benar-benar menunjukkan kualitas mereka dan Tour pun segera dimulai kembali, kali ini untuk “Pledge of Allegiance” Tour, bersama Mudvayne, Rammstein dan SOAD. 


Tahun 2002 diadakan Sebuah konser besar!!!! (15,000 fans) yang seluruhnya telah dimasukkan ke dalam film dan dijadikan DVD keduamereka, “Disasterpieces”. Slipknot juga menulis versi baru “My plague”, yang telah dipilih untuk soundtrack resmi film”ResidentEvil”. Corey juga muncul dalam soundtrack “Spiderman” dengan band lainnya, Stone Sour, sementara Joey memulai band lain bernama“Murderdolls”. Stone Sour yang telah sukses besar di Amerika Serikat sedangkan Dolls semuanya meledak di Eropa. 


Tahun 2003 merupakan tahun yang penuh dengan masalah. Dimulai dengan Corey, yang terlalu sibuk dengan Stone Sour sehingga sedikit melupakan Slipknot. Kemudian Joey yang sibuk dengan Tour band Murderdolls nya. Tidak ada kabar sama sekali dari band Slipknot hingga bulan September, ketika Shawn juga akan mencoba untuk memulai proyek solo sendiri: “To My Surprise “, yang tidak diketahui benar-benar untuk berapa lama ini berlangsung. Ketika band kembali memasuki Roadrunner studio pada akhir tahun, beberapa anggota band menjadi marah dengan Joey karena dia menulis 7 lagu untuk dirinya sendiri,ia mencoba membawa band ini lebih kearah darken style ketika Corey ingin mencoba sesuatu yang lebih seperti Rock. Band akhirnya mengumumkan bahwa album baru akan mungkin akankeluar pada musim semi 2004. 


Pada tahun 2004 Selama 6 bulan band melakukan rekaman bersama Rick Rubin (SOAD, Slayer). Beberapa kali, Rick meminta mereka untuk menulis beberapa lagu baru, hal ini menunjukkan tanda-tanda tidak baik. Tetapi 24 Mei, hanya sehari sebelum album baru, Slipknot melakukan konser rahasia di London. Warga Eropa ini lah yang pertama kali mendengarkan album baru mereka: “Vol.3:The Subliminal Verses“. “Duality” adalah single pertama dari album mereka, dan kita bisa mengatakan bahwa pada album ini adalah versi Slipknot yang jauh berbeda dari apa yang kita dengar dari mereka sebelumnya. Band banyak menghilangkan kegilaan dari “Iowa” dan album ini dibuat lebih mirip Rock, tapi masih dipengaruhi oleh Trash dan Extreme metal scene. Band ini kemudian menuju Eropa, di mana mereka ikut ambil bagian di banyak festival, di Ozzfest lagi dengan Hatebreed, the Fury Fest “dan” unholy Alliance Tour “. The 2nd single, “Vermillion pt.1″ diluncurkan dengan menampilkan video yg cukup aneh … Dimana pada video tersebut semua angota band memakai topeng yang menyerupai wajah asli mereka! “Vermillion pt.2″ juga diluncurkan, namun video ini cepat berlalu karena terlihat gila. Setelah Show besar di Paris dan Tour di India, band kembali ke Amerika Serikat hanya untuk liburan musim dingin. 


Tahun 2005 diawali seperti akhir-akhir tahun sebelumnya.yaitu dijalan!!! Slipknot melakukan perjalanan ke seluruh dunia untuk Vol.3 The Subliminal Verses tour. Mengumumkan bahwa rekaman album berikutnya akan dilakukan di akhir 2006, kemudian band ini merilis “9,0: Live”, double album live pertama mereka. Ini adalah sukses besar di seluruh dunia: 350000 salinan telah terjual hanya di Amerika Serikat! Stone Sour sekarang merencanakan rekaman album ke-2 mereka dan Murderdolls terpecah belah, karena itu mereka mencoba untuk memutuskan apa yang akan terjadi kepada mereka selanjutnya. 


All Hope Is Gone (2008-2009) 


Slipknot merilis album keempat mereka yaitu All Hope is Gone pada 20 Agustus 2008. Ini merupakan album pertama Slipknot yang dapat meraih puncak no.1 di Billboard 200. Persiapan untuk album dimulai pada bulan Oktober 2007 dan akhirnya memulai rekaman pada Februari 2008. Bersamaan dengan album ini,Slipknot jg merubah tampilan topeng mereka. Perubahan ini memang ditujukan untuk menyamakan dengan style album baru mereka...


sumber

No comments:

Post a Comment