Pages

Wednesday, August 7, 2013

Seleksi Alam / Logika kelulusan member JKT48

Member awal JKT48

1, 2, 3, 4, 5........28 ! Yap inilah jumlah member awal JKT48 Generasi Pertama, tapi kenapa sekarang cuma 21, kemana 7 orangnya? Mengundurkan diri?!

Kembali Lagi ke 48 Fam nya....
48 Family itu keras Jadi Member yang Keluar itu karena gak bisa atau gak cocok dengan lingkungan idol grup 48 yang penuh persaingan dan keras.. bisa juga karena mereka terkejut sama 48 yg ternyata tidak seperti bayangan mereka awalnya yg mengira seperti mainstreamer yang umumnya ada di indonesia yang tidak terlalu ketat. jadi klo ada yg keluar itu biasa.. dan memang hanya member yg kuat dan bersungguh-sunguh yg akan menjadi idola yg sebenarnya di JKT48.

Intinya dapat dilihat dari member yg keluar terlihat klo mereka itu mencari keleluasaan atau sedikit kebebasan yg mungkin tidak bisa mereka dapat jika masih di JKT48. kenapa gtu, ya mungkin karena mereka hanya berfikir untuk menjadi artis bukan untuk menjadi seorang idola.

Beberapa Pengunduran diri member JKT48 Terlihat jelas mereka kurang bisa displin dalam keprofesionalitasnya dalam mencapai tahap the REAL IDOL. Konsep 48grup terkenal kerasnya, yang terbaik dia lah yang mencapai 1 tahap ke the real idol. Contoh lah acchan dan erepyon, mereka grad tapi mereka bisa membuktikan kalau mereka bisa berdiri sendiri tanpa emblem2 AKB48. Entah, ini cuma prediksi aja, beberapa ex member JKT48 gw prediksin sulit untk bersaing di dunia entertain. Kalaupun bisa, itu cuma sesaat dalam kurun waktu relatif sebentar.

Saya sendiri belum mengetahui secara jelas kemunduran diri mereka, namun inilah beberapa pemberitaan dari kawan-kawan yang lain.

1. Siti Gayatri

Pasti banyak yang belum mengetahui keberadaan dan saya pun begitu. Karena dia telah mengundurkan diri terlebih dahulu diawal debutnya bersama JKT48 dengan alasan ingin fokus ke pendidikan.



Namun setelah mengundurkan diri, dia malah ramai diperbincangkan mengikuti audisi Cherrybelle cari Chibi, sebagian fans ada yang agak kecewa namun sebagian lagi tidak ambil pusing, toh dia dari awal debutnya di JKT48 langsung mengundurkan diri sehingga jejaknya di JKT48 nyaris tidak ada, jadi untuk apa ambil pusing?


2. Intania Pratama Ilham


Selanjutnya adalah Intan. Dia hampir sama seperti Amy karena mengundurkan diri di awal debutnya bersama JKT48. Alasannya pun sama yaitu ingin fokus ke pendidikan. Entah mungkin ada kenapa-kenapa, namun mereka berdua memang sudah berteman lebih dahulu dan akun twitter mereka (sebelum punya akun baru dengan emble JKT48) sudah saling follow.

Saat dihubungi fans mengenai melalui akun @intaniapratama dia mengakui kemunduran dirinya, namun dia sangat berterimakasih kepada para fans yang tetap memberikan support kepadanya. Memang ex-member yang satu ini kerap membalas mentions fans.

3. Fahira


 Berbeda dengan 2 ex-member sebelumnya Fahira mengundurkan diri setelah sempat muncul di publik dan pembuatan video klip Heavy Rotation. Bahkan Fahira saat itu termasuk dalam formasi "front girl" dan telah digadang-gadang sebagian fans menjadi center bahkan ACE dalam JKT48 kedepannya.



Namun diawal-awal tahun 2012 keberadaan mulai dipertanyakan dengan menghilangnya dia di berbagai aktivitas JKT48. Pihak management awalnya mengelak dengan alasan dia sakit sehingga perlu istirahat. Hingga pada akhirnya fans JKT48 dihebohkan kemunculan tiba-tiba dia di iklan produk "She K-Pop" dan berujung pada sikap Fira untuk mengundurkan diri dari JKT48.



Kemunduran dirinya diduga karena dia sebelumnya (atau mungkin juga sesudah masuk JKT48) memiliki pacar dan sempat Anniversary pula. Dan sebagaimana kita ketahui salah satu Golden Rules 48Family adalah tidak menjalin hubungan asmara.



4. Allisa Astri

Ex-member yang satu ini sama halnya dengan Fira. Setelah mulai muncul dipublik dia mengundurkan diri. Hmm kok jadi seperti ini ya, member yang mengundurkan diri berpasang-pasang.

Mengenai masalah Alissa Astri, pihak JKT48 Operation Team menerima permintaan untuk beristirahat dari Allisa Astri dengan alasan kondisi kesehatan yang kurang baik. Namun setelah bertemu dan berbicara dengan yang bersangkutan, walaupun ada pilihan untuk menunggu pemulihan diri, maka diambil keputusan untuk mengakhiri kontrak dengan JKT48.


5. Neneng Rosediana (Ochi)


Haiii Semuanya !!!
Azzzeekkk.....
aaaaa....azzeek....
aaaaa...azzeek....
Yeeee
Selalu sabar dan menyenangkan
Namaku Ochi


Yap begitulah Jikoshoukai dari Ochi.
Setelah JKT48 tampil di Tokyo Dome dan mulai penggebrak di dunia permusikan Indonesia, dengan kemunculan mereka di berbagai program TV, tak disangka Ochi bakal mengundurkan diri dari JKT48.

Karena memang sebelumnya, tidak ada tanda-tanda pengunduran diri Ochi sebagai member generasi pertama JKT48. Pengunduran diri salah satu member ini sontak memunculkan kekagetan dari para fans di jejaring sosial media twitter. Sebagian besar mempertanyakan alasan pengunduran diri di twitter.



Ochi yang awalnya sempat muncul di TV saat memerankan Nyingnying diRonaldowati dia berperan sebagai penjaga gawang Ronaldowati. Ochi juga memainkan beberapa FTV seperti Keajaiban Batu RenggangNemo Raksasa, danLegenda Ular Piton Putih. semua FTV ini bercerita tentang hal-hal yang mustahil. Setelah bergabung dengan JKT48, ochi sudah tidak pernah lagi main di Sinetron dan FTV. namun Ochi serta member JKT48 lainnya sempat muncul di sinetronPutih Abu-Abu di Episode 56.

Ochi kecil dulu bermain di Ronaldowati

Mungkin karena kerinduannya bermain film tersebut, setelah mengundurkan diri dari JKT48, Ochi memutuskan untuk kembali ke bidang akting. Ochi mendapatkan peran sebagai Tiur di Surat Kecil Untuk Tuhan di Sinetron ini Ochi main dengan Cut Syifa. belum ada kepastian kapan sinetron ini akan Tayang. Pada awal tahun 2013, Ochi mengumumkan melalui akun Twitter pribadinya bahwa dia main di sinetronMagic mendapatkan peran antagonis sebagai Liana. Liana merupakan seorang siswa yang jago Dance dan orang yang Jahat selalu ingin menjadi juara, namun pada akhir-akhir episode sinetron Liana menjadi Cewek yang baik Hati.

Bisa jadi kerinduannya bermain film menjadikannya mengundurkan diri dari JKT48. Namun kemungkinan lain juga ada yaitu Ochi ingin bersolo karir sendiri. Namun pada Desember 2012, Ochi mengeluarkan singel debutnya bersama Penyanyi muda Gavin MJ, Suka Kamu. setelah lagu Suka Kamu dirilis Ochi dan Gavin sering muncul di acara musik.


Hal tersebut menjadikan persepsi di berbagai pihak diantara kedua ABG tersebut terjalin hubungan asmara sebelumnnya. Hal tersebut semakin diperkuat karena Gavin rela begadang untuk membuat sebuah hadiah spesial ultah bagi teman duetnya di lagu Suka Kamu ini. Gavin membuatkan karikatur danbo yang menceritakan awal ketemu dia dengan ochi, awal nyanyi bareng, tampil bareng, Tahun Baru-an juga bareng, hingga di ulang tahun. Hmmm walaupun tidak menjalin hubungan, sepertinya Gavin lah yang lebih dulu tergila-gila sama ochi hingga segitunya hahahaha

6. Cleopatra Djapri

Setelah sebelumnya Neneng Rosdiana alias Ochi memutuskan untuk keluar, kali ini salah satu bintang dari JKT48 yaitu Cleo ikut-ikutan mengundurkan diri dari sister grup AKB48 tersebut. Namun bedanya, kalau kelulusan Ochi diterima dengan lapang dada oleh para member, staff dan fans JKT48, kelulusan Cleo seakan menimbulkan ketegangan antara ketiga elemen penting dari idol group tersebut.

Awal ketegangan dimulai ketika Cleo mengumumkan kelulusan/pengunduran dirinya melalui akun twitter-nya. Dari kicauan yang ia buat pada hari itu secara tersurat Cleo menyatakan alasannya mundur adalah karena tidak tahan dari tekanan yang diberikan para staff kepada dirinya.

Setelah pengumuman mundur melalui kicauan twitter tersebut akhirnya Cleo benar-benar mundur dari idol group JKT48. Tapi berbeda dengan kelulusan Ochi yang terkesan adem ayem tanpa ada berita miring apapun, berita kelulusan Cleo ini menjadi santapan media yang penasaran dengan statement-nya yang berbunyi "Karna Cleo sudah sangat tertekan dengan perlakuan beberapa staff official JKT48".


Akibat statement-nya tersebut nama Cleo menghiasi acara-acara berita selebriti tanah air, dan benar, berdasarkan wawancara yang dilakukan Cleo dengan beberapa media ia menjelaskan alasan mengapa ia memilih mundur sebagai member JKT48 antara lain adalah karena tekanan dari para staff, dirinya yang tidak disukai oleh staff serta menjadi korban bullying member lainnya.

Cleo juga mempermasalahkan staff (JOT) yang memberikannya job berlebihan sehingga ia kesulitan menjalani kehidupan kuliahnya. Cleo pernah mengatakan bahwa padatnya jadwal manggung on/off air hingga theater JKT48 yang dirasanya "dipaksakan" para staff pada dirinya membuat ia sering bolos kuliah.

Selain itu dirinya yang seharusnya 'diperlakukan spesial' karena saat ia audisi Aki-P, sang pemilik Project48 memberinya bintang dua, yang berarti ia seharusnya mendapatkan posisi centre.

Dan disini saya menilai sendiri karena merasa mendapatkan bintang dua tersebut, Cleo menjadi serba segalanya harus dia, dia semacam seolah paling hebat (Maaf yang masih nge'fans sama Cleo). Selama aku ngeliat tayangan-tayangan di JKT48 dia selalu ingin tampil lebih, misalkan seperti saat Mega Konser JKT48 padahal yang ditanyain Melody eh dia malah ikut-ikutan ngomong padahal gak diminta. Terus dia juga mungkin merasa kalah bersaing dengan yang lain, masa leader kok kalah. Liat aja keluar dari JKT48 aja pakai gempar segala, pakai ngejelek-jelekin lah lagi adanya pembullyingan dari member yang lain, pengen tenar doang lu! Dia itu juga terlalu berlebihan, coba aja yang lain itu biasa-biasa saja, pakai acara pengen bikin lelucon lah, padahal garing -_-

Disini juga Cleo yang harusnya mendaptkan posisi centre malah menjadi leader. Leader adalah sosok yang sering melakukan MC pada saat tampil atau pun acara-acara lainnya untuk wawancara, sedangkan centre adalah sosok yang berdiri paling depan dalam setiap penampilan Project48. Nah dia itu sudah dipercaya menjadi leader setidaknya harus bisa dewasa, kalau cuma gitu doang mah buat apa. Dan juga kemungkinan lain dia keluar karena merasa "terkalahkan" dari Melody ataupun Shania yang bisanya dijadikan centre.

7. Alissa Galliamova


Setelah kemunduran dua personil saat JKT48 mulai naik daun, yaitu Ochi dan Cleo. Kembali ada member yang megundurkan diri yaitu Mova.

Sebagaimana di umumnya di situs resmi JKT48

"Teman-teman sekalian,
Alissa Galliamova telah mengajukan permohonan pengunduran diri dari semua kegiatan JKT48 karena ingin lebih memfokuskan diri ke pendidikan.
JKT48 Operation Team menghormati keputusan tersebut dan mengumumkan bahwa Alissa Galliamova telah lulus dari JKT48.
Demikian pemberitahuan dari kami dan terima kasih atas pengertiannya."

Sebelumnya Mova memang sudah tidak aktif sejak November 2012. Ia tidak pernah lagi tampil bersama JKT48 baik di teater maupun di acara televisi. Kabar sebenarnya Mova sudah melanggar peraturan JOT, dan tidak aktifnya Mova selama dua bulan adalah hukuman dari manajemen JKT48 untuknya. Dan kini akhirnya Mova mengundurkan dirinya sendiri.



No comments:

Post a Comment